Sejarah Berdirinya Circle K

Sabtu, 21 Mei 2011

circle k
Sejarah Circle K dimulai, ketka seorang businessman, Fred Harvey, di El Paso, Texas melakukan suatu gebrakan saat ia mendirikan 3 buah toko di sebuah perumahan kecil. Toko-toko tersebut bernama Kay’s Drive In Grocery. Tosco Marketing Company FoodStores Inc dibentuk ketika Mr. Hervey mengambil huruf “K” dari “Kay’s” Drive In dan mengelilinginya dengan lingkaran mewakili symbol Tosco Marketing selama bertahun-tahun. Circle K terus mengalami perubahan-perubahan. Dari mulai pertumbuhannya yang pesat di awal dekade hingga perkembangan melalui beberapa peralihan. Circle K selalu menjadi usaha yang kuat bertahan, dan dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi.

Pada tahun 2003, Cirle K diakuisisi oleh ACT, pemilik Couche Tard, yang merupakan jaringan convevience store terbesar kedua di Amerika. Kini Circle K menjadi jaringan coinvenience store dengan pertumbuhan cepat di Asia dengan total 3500 store.

Circle K di Indonesia juga mengalami perkembangan yang pesat. Circle K pertama berdiri di Jakarta pada tahun 1986 di jalan Panglima Polim Raya oleh Yayasan Trisakti. Kemudian diambil alih oleh PT. CIRCLEKA INDONESIA WASERBA pada tahun 1989.

Sejak dimiliki oleh jaringan Couche Tard pada tahun 2003, maka strategi pengembangan bisnis Circle K, termasuk di Indonesia juga mengalami perubahan dengan mengadopsi Konsep store 2000 yang dicanangkan Couche tard yakni memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan kepada customer.

gerai circle k
Gambar : Gerai Circle K


Rencana pertumbuhan Circle K juga makin agresif dengan menambah store 20-30 store setiap tahun dan mulai merambah ke kota-kota besar di Indonesia yaitu Bali, Jogjakarta, dan Bandung. Dalam rencana pertumbuhan tersebut, pembangunan brand menjadi bagian utama yang harus dilakukan untuk meningkatkan brand equity di mata customer, partner, karyawan maupun share holder. Dengan sendirinya orientasi kerja di perusahaan ini mengalami perubahan. Circle K kini mudah kita temui di berbagai kota, dan kini menjadi salah satu perusahaan frenchise yang sukses di Indonesia.


Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Sejarah Berdirinya Circle K Rating: 5
Kamu sedang membaca halaman tentang Sejarah Berdirinya Circle K dan kamu bisa menemukan halaman Sejarah Berdirinya Circle K ini dengan url http://masihmencatat.blogspot.com/2011/05/sejarah-berdirinya-circle-k.html, kamu bisa menyimpan halaman Sejarah Berdirinya Circle K ini jika bermanfaat untuk kamu jangan lupa untuk membagikan link Sejarah Berdirinya Circle K kepada teman-teman kamu. Terima kasih... ^_^

Related Post


0 Comments:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © 2009 - 2013 Masih Mencatat
Mixed template from: blogspot-templates.org