Sejarah Berdirinya Google

Sabtu, 26 Februari 2011

Google bukan barang asing lagi bagi para surfer di Internet dari berbagai belahan dunia. Terhitung ada belasan juta pemakai google ada dihampir setiap negara-negara di dunia. Dan mungkin jumlah ini terus bertambah tiap harinya. Nama Google sendiri diambil dari kata Googol yang pertama kali diucapkan oleh Milton Sirotta. Kata ini kemudian dipopulerkan lewat buku Mathematics and the Imagination karya Kasner dan James Newman. Google mengandung arti angka 1 dengan seratus angka 0 dibelakangnya. Google menggunakan istilah ini sebagai refleksi dari misi perusahaan untuk mengorganisasikan informasi yang tersedia dalam web yang jumlahnya tak terbatas.

Pendiri google adalah Lawrence Page dan Sergey Brin. Mereka berdua pertama kali bertemu sebagai lulusan Jurusan Ilmu Komputer Stanford University tahun 1995. Saat itu Larry berusia 24 tahun alumnus University of Michigan. Ia sedang melakukan kunjungan akhir pekan. Sedangkan Sergey berusia 23 tahun, putra seorang profesor matematika imigran dari Rusia. Ide-ide mereka sangatlah brilian dan cara pandang mereka lain dengan yang lain. Dengan cepat mereka menemukan landasan dasar dalam sebuah pendekatan yang unik dalam memecahkan masalah terbesar dalam dunia komputer yaitu mendapatkan informasi yang relevan dari data masif di Internet.

Gambar : Sergey Brin and Larry Page


Januari 1996, Larry dan Sergey mulai berkolaborasi pada sebuah search engine yang dinamakan BackRub. Larry bertugas untuk menciptakan sebuah perangkat server jenis baru dangan menggunakan PC murahan sebagai ganti piranti yang sangat mahal. Dengan hambatan kekurangan modal, mereka berdua beralih mengintai departement pengadaan barang dengan mendapat PC baru untuk dipinjam sebagai piranti network mereka.

Setahun kemudian analisis link mereka menjadikan BackRub meningkat reputasinya di antara orang-orang yang pernah melihatnya. Desas-desus tentang teknologi pencarian baru pun muulai menyebar dari mulut ke mulut di wilayah kampus.

Larry dan Sergey terus bekerja untuk menyempurnakan teknologi mereka tahun 1998. Mereka membeli sebuah hardisk terabyte dengan harga obral dan membangun studio komputer sendiri di kamar asrama Larry dan disitulah yang menjadi pusat data pertama Google. Sementara itu Sergey mempersiapkan kantor bisnis dan keuanya mulai mengontak partner potensial yang mungkin ingin menegok sebuah teknoogi pencarian yang lebih baik dari yang pernah ada. Diantaranya mereka mengontak teman mereka yang merupakan pendiri Yahoo! yaitu David Filo. Filo berpendapat bahwa teknologi mereka solid, tetapi ia mendorong Larry dan Sergey untuk meningkatkan pelayanan mereka dengan mulai membangun perusahaan search engine.

Karena tidak berhasil menarik pebisnis portal pada saat itu, Larry dan Sergey memutuskan untuk melanjutkan usaha dengan cara mereka sendiri. Yang mereka butuhkan adalah sedikit modal untuk memindahkan markas mereka dan untuk membayar tagihan kartu kredit yang mereka pakai untuk membeli hardisk terabyte. Mereka berusaha mencari investor dan pertama kali mereka pergi menemui teman-teman satu fakultas. Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems memandang jauh kedepan. Sekali melihat demo mereka Andy langsung tahu Google mempunyai potensi besar. Namun demikian ketertarikannya cukup mengesalkan, ia menggunakan waktu yang mendesak. Ia menuliskan cek untuk Google Inc senilai $100,000.

Gambar : Sergey Brin and Larry Page


Namun investasi tersebut menjadikan dilema kecil karena belum ada bentuk legalitas yang menyebut mereka sebagai Google Inc, tidak ada cara untuk mendepositkan cek tersebut. Cek ini tergeletak di meja gambar Larry selama dua minggu. Ketika itu ia dan Sergey berebut merancang sebuah usaha dan menawarkan ke penyandang dana lain di antara keluarga, teman-teman dan perusahaan pembiayaan. Akhirnya mereka membawa total investasi senilai hampir $1 juta.

7 September 1998, Google Inc membuka pintunya di Menlo Park, California. Pintu tersebut dilengkapi dengan sebuah remote control seperti yang disertakan dalam garasi seorang teman yang menyewakan ruang untuk tiga staf baru mereka. Karyawan yang pertama kali digaji perusahaan itu adalah Craig Silverstein dan sekarang menjabat direktur teknologi Google.

Ketika google.com masih dalam beta atau tahap pengembangan, mereka telah menjawab 10.000 permintaan pencarian setiap harinya. Pers mulai mengambil berita dari website baru dengan hasil yang relevan ini, dan artikel yang memuji Google muncul di USA TODAY dan Le Monde. Desember 1998 PC Magazine mengumumkan Google sebagai Top 100 Web Sites and Search Engines untuk tahun 1998.

Februari 1999 mereka memindahkan markas dari Menlo Park ke sebuah kantor di University Avenue, Palo Alto. Dengan 8 karyawan, staf Google hampir berlipat tiga dan layanan tersebut menjawab lebih dari 500.000 permintaan pencarian per harinya. Red Hat menandatangani pelangganan komersial search pertama, ikut ambil bagian dalam komitmen Google untuk menjalankan servernya dalam sistem operasi Linux.

Gambar : Screenshoot www.google.com


7 Juni 1999, perusahaan telah mengamankan sejumlah dana termasuk $25 juta dari dua perusahaan permodalan utama di Silicon Valley yaitu Sequoia Capital dan Kleniner Perkins Caufield & Byers. Sebagai balasan kepada pihak yang membantu berdirinya Google. Kedua perusahaan itu saling mengawasi pada nilai investasi baru mereka. Keduanya duduk dalam kursi direktur. Mike Moritz dari Sequoia dan John Doerr dari Kleniner Perkins.

Karena para karyawan Google semakin banyak maka mereka memindahkan kantor ker Googleplex yang menjadi markas Google sampai saat ini di Mountai View, California. Disinilah Google berkembang dengan cepat dengan merekrut staf dan klien serta menarik perhatian para pemakai dan pers. AOL/Netscape memilih Google sebagai layanan pencari webnya dan membantu meningkatkan permintaan pencarian mereka per hari.

21 September 1999 label beta pada Google ditinggalkan. Dan Google menjadi salah satu perusahaan Search Engine tersukses pada saat ini. Salut buat Sergey Brin dan Larry Page.



Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Sejarah Berdirinya Google Rating: 5
Kamu sedang membaca halaman tentang Sejarah Berdirinya Google dan kamu bisa menemukan halaman Sejarah Berdirinya Google ini dengan url http://masihmencatat.blogspot.com/2011/02/sejarah-berdirinya-google.html, kamu bisa menyimpan halaman Sejarah Berdirinya Google ini jika bermanfaat untuk kamu jangan lupa untuk membagikan link Sejarah Berdirinya Google kepada teman-teman kamu. Terima kasih... ^_^

Related Post


0 Comments:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © 2009 - 2013 Masih Mencatat
Mixed template from: blogspot-templates.org