Sejarah Berdirinya Yahoo!

Sabtu, 26 Februari 2011

Yahoo! Di dirikan oleh dua orang kandidat sarjana teknik mesin Universitas Stanford, David Filo dan Jerry Yang. Mereka memulai penelitiannya di bidang Internet pada Februari 1994. Berawal dari hobi seorang mahasiswa yang ingin meningkatkan citra global yang mengubah cara komunikasi masyarakat sekaligus untuk mencari data, mengakses informasi dan memesan suatu produk maka lahirlah Yahoo!.

Yahoo! sendiri singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Tetapi Filo dan Yang menegaskan mereka memilih nama itu karena menyukai definisi umum dari Yahoo yaitu liar, wajar, kasar. Yahoo! pertama kali berdiri di asrama sekolah Jerry dengan nama Akebono. Ketika software ini diinapkan di komputer David dinamakan Konishiki. Kedua nama ini di ambil dari nama pegulat sumo legendaris.
Awal-awal penemuannya teknologi ini hanya dipakai Filo dan Yang beserta teman-teman mereka sesama mahasiswa di Stanford University. Berita dari mulut ke mulut menyebar dengan cepat dari teman-teman mereka kepada orang-orang di sekitarnya yang kemudian mulai menggunakan Yahoo!.

Gambar : Jerry Yang and David Filo


Yahoo! merayakan hari sejuta pencarian pertamanya pada musim gugur 1994 dengan menerjemahkan hampir 100 ribu permintaan pengunjung. Dengan banyaknya permintaan pengguna dan tanggapan antusias yang diterima Yahoo!, mereka menyadari bahwa mereka telah memiliki bisnis yang potensial.

Maret 1995 mereka memperkenalkan bisnis tersebut dan menemui lusinan pengusaha di Silicon Valley. Mereka akhirnya tiba di Sequoia Capital dan mendapatkan sambutan dari perusahaan yang lebih sukses seperti Apple, Oracle, Atari dan Cisco System. Merekapun setuju untuk mendanai Yahoo!

Gambar : Jerry Yang and David Filo


April 1995 mereka mendapat investasi awal sekitar 2 juta dollar. Merkapun mulai membentuk tim manajemen. Mereka menggaji Tim Koogle, seorang veteran dari motorola sebagai CEO dan Jeffrey Mallet pendiri devisi pelayanan Novell Word Perfect sebagai direktur operasional. Perusahaan ini mendapat investasi lagi pada musim gugur 1995 dari Reuters Ltd dan Softbank. April 1996 Yahoo! meluncurkan IPO dengan total 49 karyawan.

Yahoo! pun terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu web tersukses. Perusahaan ini mempunyai kantor pusat di Sunnyvale, California. Dan mendirikan cabangnya di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia dan Kanada.

Gambar : Screenshoot www.yahoo.com




Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Sejarah Berdirinya Yahoo! Rating: 5
Kamu sedang membaca halaman tentang Sejarah Berdirinya Yahoo! dan kamu bisa menemukan halaman Sejarah Berdirinya Yahoo! ini dengan url http://masihmencatat.blogspot.com/2011/02/sejarah-berdirinya-yahoo.html, kamu bisa menyimpan halaman Sejarah Berdirinya Yahoo! ini jika bermanfaat untuk kamu jangan lupa untuk membagikan link Sejarah Berdirinya Yahoo! kepada teman-teman kamu. Terima kasih... ^_^

Related Post


0 Comments:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © 2009 - 2013 Masih Mencatat
Mixed template from: blogspot-templates.org